Banyak orang bilang kalau punya bisnis sendiri bisa jadi solusi masa depan. Namun menjadi wirausaha juga tidak semudah membalikkan telapak tangan karena dibutuhkan komitmen yang kuat. Kalau kamu saat ini bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan tentu kamu akan memperoleh penghasilan tetap setiap bulannya. Namun apakah selamanya kamu akan terus menjadi pekerja?

“Kayaknya harus pilih salah satu antara kerja di perusahaan atau membuat bisnis.”

Pendapat ini sering banget muncul. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Kamu bisa jadi karyawan di perusahaan sekaligus membuka peluang bisnis baru, lho.

“Wirausaha adalah orang yang kreatif, dinamis, dan inovatif. Pengusaha mau mengambil berbagai jenis risiko dan berani menghadapi semua tantangan yang tidak dapat diprediksi dan diramalkan sebelumnya, lewat kreativitas dan kekuatan kemauan yang dimiliki untuk mencapai kesuksesan.”

Jelas banget kalau kamu juga bisa menjadi seorang wirausaha walaupun saat ini masih bekerja di perusahaan. Berikut ada 5 bisnis sampingan yang bisa kamu coba

1. Manfaatkan sosial media yang kamu punya buat bikin online shop

Membuka bisnis siapa bilang selalu membutuhkan modal besar? Online shop modalnya gak besar, kog. Apalagi kalau kamu menggunakan sistem dropship. Kamu hanya membutuhkan ‘paket data’ sebagai modal untuk melakukan promosi lewat sosial media. Ini bisa kamu coba sekarang. Kalau kamu bingung apa yang akan kamu jual? Kamu bisa memulai dengan melihat hal-hal yang sedang tren saat ini, seperti kosmetik, pakaian, tas, atau barang-barang homemade yang unik. Kalau kamu sudah punya Instagram dan Facebook tunggu apalagi?

2. Jualan makanan juga gak kalah seru

Jualan makanan bisa jadi salah satu alternatif juga, lho. Apalagi buat kamu yang punya hobi masak. Kamu bisa berjualan dengan sistem ‘pre order’. Jualan salad buah dan sayur misalnya, kamu bisa menawarkan ke teman sekantor sehari sebelumnya. Hal ini tentu tidak sulit, yang penting cuma ‘butuh komitmen’. Kamu harus memiliki niat yang kuat dan selalu terbuka terhadap testimoni pelanggan tentang taste masakan kamu.

3. Kamu punya kemampuan membuat kerajinan tangan?

Kalau kamu punya kemampuan bikin kerajinan tangan tentu bisa kamu manfaatkan, lho. Di luar negeri produk kerajinan tangan selalu memilki ‘nilai tersendiri’. Bahkan di Indonesia saat ini produk kerajinan tangan semakin banyak peminatnya. Mulai dari kerajinan tangan rajutan, ukiran, hiasan dinding, dan berbagai kerajinan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki untuk membuat bisnis kecil-kecilan. Atau kamu memiliki kemampuan menggambar? Kamu bisa membuat kartu ucapan ‘custom’, lho. Kamu bisa mengerjakan setelah pekerjaan kantor selesai. Kamu takut capek? #cumabutuhkomitmen

4. Motor di rumah nganggur karena kamu lebih suka naik kendaraan umum?

Kalau kamu bekerja di Jakarta dan males banget bawa kendaraan, hal ini bisa jadi peluang lho. Kamu bisa mengajak teman kantor untuk membuka usaha ‘rental motor’ bareng. Daripada motor kamu nganggur di rumah, coba kamu manfaatkan untuk membuka ‘rental motor’. Hal ini bisa dilakukan sebagai alternatif untuk memperoleh pendapatan tambahan, sekaligus kamu membuka lapangan kerja baru bagi orang lain. Memanfaatkan kondisi yang ada untuk membuka peluang usaha tentu sangat positif. Kamu mulai mendiskusikan hal ini bareng keluarga dan orang-orang terdekatmu, lho.

5. Bikin lembaga ‘les privat’ juga bisa dilakukan tanpa harus pakai modal besar

Selain keempat pilihan di atas, kamu bisa juga bisa membuka lapangan kerja baru, lho. Mungkin dulu saat mahasiswa kamu menjadi asisten dosen? Sekarang saatnya kamu membuat lembaga les privat. Apalagi saat ini kebutuhan siswa pada tambahan belajar sangat tinggi. Mereka banyak mencari les privat dengan guru datang ke rumah. Ini bisa menjadi peluang yang bagus. Kamu hanya harus menyiapkan banyak stok guru yang bisa mengajar, membuat iklan sederhana di selebaran, atau iklan melalui media sosial.

Jadi, siapa bilang jadi karyawan gak bisa menjadi seorang wirausaha? Ada banyak peluang yang bisa kamu lakukan. Lima bisnis sampingan di atas hanya sebagian kecil dari berbagai peluang yang bisa kamu manfaatkan.

#cumabutuhkomitmen

http://www.excelloka.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.